Cara Cepat Menjodohkan Kacer Bakalan Untuk Pemula

Advertisement
Advertisement
Kicau17- Burung kacer merupakan burung kicau maupun burung hias yang cukup banyak penggemarnya di Indonesia. Saat ini tak sedikit pula even perlombaan burung kicau yang menyertakan burung kacer untuk dilombakan, dan tak sedikit pula kacer mania yang berpartisipasi dalam even tersebut. Di Indonesia sendiri burung kacer yang paling laris dan mudah ditemui ada 2 jenis,yaitu kacer Poci dan kacer Jawa, meski masih ada jenis lain yang tak kalah bagusnya dengan kacer tersebut, seperti: kacer Madagaskar, dan kacer Blorok.

kini sudah banyak penangkar burung kacer yang berusaha untuk mengembangkan dan membudidayakannya hingga kacer terus eksis dan menjadi buruan kicau mania. Banyak kicaumania di Indonesia yang telah mencapai kesuksesan dalam Beternak Burung Kacer. Walau begitu, tidak ada suatu hal yang instan. Sebagian peternak pemula sering menjumpai masalah, terlebih dalam penjodohan calon induk jantan serta betina. Karena kebanyakan mereka selalu terburu-buru memasukkan ke-2 calon indukan itu ke dalam kandang ternak, hingga berlangsung perkelahian.

Faktor yang pertama yang mesti kita lakukan untuk menjodohkan burung kacer yang masih bakalan dengan cara memisahkan indukan jantan juga induk betina burung kacer tersebut melalui proses beberapa hari kedepan dengan menggunakan kandang yang telah disekat, bisa juga menggunakan sangkar harian yang biasa. Lakukan perjodohan dengan mendekatkan atau menempelkan sangkar kedua indukkan. Sesudah kita pisahkan kurang lebihnya 3-4 hari,barulah ke-2 calon indukan burung kacer tersebut di pertemukan supaya masing-masing pasangan bisa saling pendekatan serta saling mengenal satu sama lainnya. Proses ini tidak selalu berjalan mulus,bisa cepat bisa juga lama, pengaruh besar tergantung birahi si betina, karena pada umumnya birahi betina lebih lambat munculnya daripada birahi jantan. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mempercepat proses penjodohan indukan kacer?Berikut ini Trik Cara Menjodohkan Kacer Untuk Peternak Pemula selengkapnya.

Cara Cepat Menjodohkan Kacer Bakalan Untuk Pemula


Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar calon indukan kacer cepat jodoh. Antara lain sebagai berikut :


1.Masukkan calon indukan kacer betina ke dalam kandang penangkaran

2.Sedangkan calon indukan kacer jantan ditaruh di dalam sangkar yang berbeda. Posisinya, jangan sampai saling melihat dan cukup berjauhan. Yang penting keduanya bisa saling mendengar kicauan masing-masing.

3.Tunggu selama beberapa hari sampai kacer betina merespon kicauan kacer jantan. Kacer betina akan menyahut kacer jantan dengan kicauannya.

4.Jika kacer betina sudah merespon kicauan kacer jantan, dekatkan kacer jantan. Namun jangan dicampur dulu. Biarkan terpisah namun jaraknya dekat.

5.Tunggu sampai kacer betina memunguti bahan sarang dan menatanya. Itu artinya kacer betina sudah menerima jodohnya dan siap reproduksi/siap kawin.

6.Lalu pindahkan kacer jantan ke kandang penangkaran tersebut.

7.Usahakan memindahkan kacer jantan saat menjelang magrib/gelap. Karena saat itulah waktu keduanya untuk beristirahat.

8.Tunggu beberapa hari sambil terus diamati.

9.Jika sudah berjodoh, keduanya akan kawin dan kacer betina segera bertelur. Yang penting anda harus selalu mengamatinya. Jika terjadi sesuatu segera cari solusinya.

http://kicau17.blogspot.com/2016/04/cara-cepat-menjodohkan-kacer-bakalan.html
Cara Cepat Menjodohkan Kacer Bakalan Untuk Pemula

Sobat kicau17, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Cepat Menjodohkan Kacer Bakalan Untuk Pemula. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini, semoga sukses.!!! Wassalamu'alaikum WW..

Advertisement