Cara Jitu Mengatasi Kacer Yang Over Birahi

Advertisement
Advertisement
Cara Jitu Mengatasi Kacer Yang Over Birahi- Sering kita jumpai burung kacer ketika dilombakan mengalamai masalah. Entah itu tidak bunyi atau mbagong. Ada juga yang mengalami kacer yang terlalu birahi pada saat dilombakan. Kacer mbagong bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena terlalu panas atau over birahi. Over birahi seperti ini disebabkan karena stelan EF yang terlalu kencang atau penjemuran yang terlalu lama. Kedua hal ini bisa menaikkan emosi dan tensi kacer sehingga birahinya memuncak, melebihi batas normalnya. Adapun untuk menangani Kacer yang terlalu birahi, mereka para Kacermania berpengalaman memberi tips sebagai berikut ini:

http://kicau17.blogspot.com/2016/04/cara-jitu-mengatasi-kacer-yang-over.html
Cara Jitu Mengatasi Kacer Yang Over Birahi


Dalam menangani kacer yang over birahi, ada hal wajib yang perlu Anda perhatikan. Dan hal tersebut adalah alasan mengapa burung ini mengalami. Perlu Anda ketahui, dengan mengetahui alasan kacer mengalami OB adalah tindakan penanganan yang paling baik.

Pasalnya, dengan cara ini Anda akan dengan mudah menangani masalah dengan se-efektif dan secepat mungkin. sedangkan alasan umum mengapa seekor kacer mengalami OB adalah sebagai berikut:

1.Karena kacer sudah matang dan siap dikawinkan.

2.Karena terlalu banyak mengonsumsi extra food yang menambah birahi.

3.Karena kacer terlalu lama menjalani proses penjemuran.

Perlu Anda ingat, untuk alasan nomor satu, Anda tidak bisa mengatasi over birahi pada kacer selain dengan mengawinkan burung ini dengan burung yang lain. Akan tetapi, untuk alasan yang nomor 2 dan 3, Anda bisa melakukan penanganan dengan cara-cara berikut:

1.Kurangi porsi jangkrik menjadi 2 ekor setiap pagi dan sore hari.

2.Kurangi intensitas berjemur minimal 30 menit sekali berjumur saat burung sedang mengalami OB.

3.Pemberian cacing cukup 2 kali dalam seminggu, itu pun hanya 2 ekor saja setiap pemberian.

4.Perbanyak intesitas mandi, kalau perlu Anda bisa memandikan burung ini sebanyak 3 kali dalam sehari yaitu, pagi, siang, dan sore hari.

5.Lakukan proses pengembunan dari jam 5 pagi sebelum melakukan aktifitas lainnya.

6.Pola pengumbaran dilakukan agak lama.

7.Ketika burung kacer tidak ada perubahan dari sisi birahi, stop pemberian jangkrik dan rubah pola pakan dengan menu utama diganti kroto, pemberiannya dimulai dengan porsi paling sedikit dan setiap hari terus ditambah sedikit demi sedikit. Bisanya dengan begitu burung kacer akan normal kembali dan sudah banyak kacer mania yang melakukan pola ini.

Nah, itulah Cara Jitu Mengatasi Kacer Yang Over Birahi. Ingat, lakukan cara ini saat OB kacer disebabkan karena burung ini terlalu banyak berjemur dan mengkonsumsi extra food. Akan tetapi, saat OB burung disebabkan karena hal yang alami, yaitu karena burung ingin kawin. Maka Anda wajib mengawinkan burung ini dengan burung kacer yang lain. Semoga bermanfaat & Salam Kacermania.

Advertisement